Sabtu, 21 Maret 2015

Diskusi Negara Islam yang tidak Islami


Pemikiran Politik Islam (Pertemuan ke-5)
Rabu,11 Maret 2015


Moderator    : Ary Rian Anggara (1202045021)
Notulen        : Mardiana (1302045086)

Agenda:
  1. Diskusi membahas tentang “Mengapa ada negara Islam yang tidak Islami dan ada negara non Islam tapi Islami?”
  2. 10-15 menit terakhir perkuliahan,Dosen akan memberikan referensi buku.








Jalannya Diskusi
Pendapat
  1. Anshor Budiman (1302045098): keterpurukan dunia Islam sudah pernah dibahas oleh Nabi Muhammad saw kepada seseorang yang pernah bertanya pada beliau.Ada pula buku yang meyebutkan bahwa negara barat unggul di Iptek tapi lemah di Iptak,sedangkan  negara-negara di timur lemah dikeduanya.
  2. Ikvi Zainal Wafa(1302045082): yang salah adalah kultur agama yang mengejar keshalehan-individual,bagi yg menjalankan shalat 5 wktu sudah dianggp sempurna Islamnya.Yang salah adalah masyarakatnya sendiri,tidak menjalankan seperti anjuran nabi yaitu: keilmuan,ketakwaan dan akhlak mulia.
  3. Isnaniah (1302045090): kalau dilihat dari zaman dulu hingga sekarang,perubahan terjadi sangat drastis. Faktor cuaca,ikut mempengaruhi emosi seseorang dan hingga belum bisa menjalankan Islam dengan baik karena belum bisa menyesuaikan diri dengan alam.
  4. Rian (1202045021): bangsa Eropa sebenarnya tidak bersatu tapi bersaing.Di mata Islam,barat tampak Islami,tetapi itu tidak bisa menjadi acuan.Barat memiliki kekayaan dan teknologi  tinggi sedangkan dari sisi agamanya tidak, maka dari itu Ipteknya lebih tinggi dari Iptaknya.
  5. Andri Rahmadansyah(1302045123): banyak yang mengganggap Islam dari pengertian saja.Tapi tidak dilihat dari indikasinya,seperti kebersihan sebagian dari iman,mengapa mslim tidak menggunakan indikasi tersebut.
  6. Marzuq (1302045140): Berdasarkan buku Demonologi Islam,upaya barat membaratkan Islam sebagai reaksi kekhawatiran barat akan kejayaan Islam.
  7. Firdaus (1302045118): membaca dari beberapa buku.Negara Islam seperti indonesia, sekulerismenya sangat nyata di masyarakatnya.Orang-orang barat terlihat pandai dan hebat tapi kita justru meniru hal yang negatif dari mereka.



Tanggapan
  1. Marzuq: Setuju dengan Anshor,selain menjelaskan berdasarkan sabda rasul,sekarang pun dapat dilihat faktanya memang demikian.
  2. Bayu: Setuju dengan Firdaus,Indonesia menyukai segala sesuatu yang instan.Indonesia mencontoh pergaulan bebas dari barat
  3. Firdaus: Setuju dengan Ikvi,yaitu memang masyarakatnyalah yang  individual.
  4. Dwi (1302045099): Setuju dengan Ikvi. Tidak setuju dengan Isna, negara Islam banyak kesenjagan sosial,individual,Islamnya tidak Islami.Penelitian dari Prof.Askari, Irlandia sebagai peringkat pertama,faktor alamnya tidak mempengaruhi.
  5. Isnaniah: Tidak setuju dengan Dwi, negara yang mayoritas negara Islam berada di wilayah Timur Tengah yang panas dan gersang, sedangkan negara barat cuacanya lebih dingin.





Bertanya
  1. Yusra: Kepada Dwi, dilihat dari mana bahwa irlandia itu Islami? Siapa penulis dari sumber itu? Kebijakan  tahun 2004 disana (Irlandia) yaitu dilegalkannya prostitusi.
  2. Rian: kepada Ikvi,di Afrika contohnya,mereka menjalankan agamanya tapi tetap miskin,yang salah sistem tata negaranya atau masyarakatnya?
  3. Mardiana: bagaimana dengan negara Brunei Darussalam sebagai negara Islam yang mampu hidup sejahtera tapi juga tetap dengan menjalankan hukum syari’at Islamnya? Mengapa nama Brunei tidak disinggung sama sekali justru barat yang banyak disorot? Padahal Brunei adalah contoh yang baik.
  4. Billy: intrupsi kepada Marzuq, jadi intinya hanya masalah menjatuhkan akhlak islam dengan segala cara terutama dgn cara mengikuti cara islam?


Menjawab
  1. Dwi: menjawab pertanyaan Yusra,bahwa nenek moyang bangsa Irlandia adalah orang yang sangat ramah dan menjaga keharmonisan disana.Mereka hidup saling membantu dan tolong menolong,karena itulah mereka lebih Islami dibandingkan kita yang seringkali acuh kepada sesama.
  2. Wiwin (1302045148): menjawab pertanyaan Mardiana, akhlak Islam dipakai oleh negara non Islam karena Islam adalah rahmat bagi seluruh alam,ajarannya applicable untuk semua umat.Dalam penelitian Prof.Askari, mencoba membandingkan ideologi Islam dalam hal pencapaian ekonomi,pemerintahan,hak rakyat dan hak politik serta hubungan Internasional. Brunei Darussalam tidak termasuk karena indikator yang mereka gunakan berbeda.Kurang fair jika membandingkan secara langsung Indonesia dengan Irlandia dalam hasil ekonomi kemudian dikaitkan dengan agama.Bangsa Eropa dan Jepang dikatakan lebih Islami dibandingkan bangsa muslim seperti Indonesia.Memang mereka lebih tertib,bersih,sejahtera(ekonomi),dan lebih sedikit korupsi.Tapi untuk mengatakan mereka lebih Islami itu terlalu berlebihan,karena di sana banyak minuman keras,pelacuran,makanan tidak halal,lebih sedikit pengajaran Al-Qur’an,di sana lebih banyak yang tidak percaya Tuhan bahkan membenci-Nya,dan masih banyak lagi.Jika indikator ini digunakan,tentu hasilnya berbeda.Penelitian ini digunakan tidak lain adalah pembajakan terhadap Islam,dan umat Islam sendiri harusnya tidak terkecoh kalau mereka memahami Islam dengan baik.

Kesimpulan diskusi: negara barat menganggap bagaimanapun berkembangnya negara Islam tetap dipandang sebelah mata oleh mereka.Karena negara barat tidak menginginkan negara Islam tumbuh dan berusaha memojokkan negara Islam itu sendiri. Kita lihat keberadaan Brunei Darussalam yang kecil di ujung utara pulau Kalimantan,makmur dengan keislamannya,tetapi negara barat berusaha mengalihkan perhatian kita dan tidak ingin hal tersebut sampai membuat Islam yang lain maju.
Problem di negara Islam kebanyakan adalah :
1.lebih condong ke ritual keagamaan,
2.faktor alam,
3.individu.

Banyak yang keliru dalam mempersepsikan islam.Sudah menjadi tugas kita utk menjadi pemikir muslim,dimulai dari tahap berpikir, karena yang membentuk negara adalah individu,berusahalah perbaiki diri kita.Secara internal,Islam sering terjadi konflik,itulah yang merusak Islam sendiri.Seharusnya kita mengangkat kebersamaan.
Buku yang direferensikan:
  • Akbar S. Ahmed : Membedah Islam
  • Perbedaan mazhab-mazhab
  • Karen amstrong: sejarah islam
  • Gerakan keagamaan dan pemikiran
  • Fahaman dan Ideologi Umat Islam.


Tugas: refleksi pribadi 1 hlman diketik,”apakah termasuk nila stitik( merusak) atau susu sebelanga (yg baik).Diposting ke blog paling lambat sabtu.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar