Sabtu, 25 April 2015

Faktor Jepang menjadi Negara yang Ekspansionis



Notulen           : Risma Ayunda Fara Christian
NIM                : 1302045146
Mata Kuliah    : Politik dan Pemerintahan Jepang


Analisi Film Pearl Harbour oleh Ricka Adriyani (1302045122) :

            Menurut cerita dari Ricka dalam film tersebut Jepang menyerang pangkalan AS secara mendadak.  Dan menghancurkan angkalan udara dan pelabuhan militer AS di Hawaii. Jepang mengirim sekitar 6 kapal selam militer dan 144 pesawat perang militer. Serangan diawali dari rudal yang diluncurkan dan mengenai kapal selamnya AS kemudian pesawat menyerang pangkalan pesawat AS. Banyak tentara yang menjadi korban. Di cerita tersebut juga dikatakan bahwa Jepang mengirim telegram ke Jepang tetapi telegram itu terlambat, telegram tersebut sampai sejam setelah Pearl Harbour sudah habis dihancurkan. Awalnya ricka menceritakan bahwa perdana mentri atau penasehat keamanan menyaranka kepada Presiden AS untung memperkuat pangkalan militernya dan tentaranya tetapi Presiden AS mengabaikannya. Akibat dari diabaikannya ide tersebut Presiden AS merasa menyesal dan mengadakan rapat untuk menyerang balik Jepang.



Penjelasan Bu Uni Wahyuni Sagena mengenai Restorasi Meiji ( Rabu, 8 April 2015)

Restorasi Meiji merupakan berakhirnya politik “isolasi” negara Jepang. Mereka mulai berkomunikasi dengan dunia luar untuk mengejar ketertinggalannya dengan negara-negara Barat. Jepang mulai sadar bahwa perkembangan negaranya ketika melakukan politik isolasi tidak dapat mengimbangi kemajuan yang dicapai oleh negara-negara barat. Jepang mempunyai keinginan yang sangat besar untuk bisa sejajar dengan Barat sehingga lahirlah Restorasi Meiji
Motto : “cari dan temukan praktik di seluruh dunia dan lakukan perbaikan atasnya”. Motto tersebut merupakan salah satu pendorong bagi kemajuan Jepang.

Faktor-faktor Jepang menjadi negara ekspansionis yang dijelaskan antara lain adalah sebagai berikut :

  •  Mulai dari Tenno dan bawahan-bawahannya yang mampu mendoktrin bahwa Jepang merupakan bangsa yang unggul (superior).
  • Jepang merasa percaya diri setelah mengalahkan Rusia, karena Jepang merupakan negara asia pertama yang mampu mengalahkan negara barat.
  • Mencoba mengalahkan Cina, namun gagal karena Jepang tidak mempunyai kapasitas yang cukup untuk mengalahkan Cina sehingga Jepang mulai menjajah negara-negara di asia tenggara.
  •  Dampak industrialisasi yaitu ledakan penduduk, namun Jepang memiliki wilayah yang sempit.
  •  Memerlukan Sumber Daya Alam.
  • Perluasan wilayah.
  • Pengaruh kepercayaan terhadap dewa-dewa 
  • Agama Shinto digunakan sebagai alat politik : kalangan elit menggunakan kekolotan mereka untuk mempengaruhi kalangan bawah yang masih percaya takhyul. 
  • Doktrin Hakko-ichi-U bahwa semua negara merupakan satu keluarga dan Jepang sebagai kepala keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar