Kamis, 02 Juli 2015

Vivi Dwi Setiawati - 1302045121 - Refleksi "Mengenal Parlemen Lebih Dekat"



Nama   : Vivi Dwi Setiawati
NIM    : 1302045121
Hubungan Internasional Reguler B 2013 

 Refleksi "Mengenal Parlemen Lebih Dekat"


Menceritakan tentang kegiatan dari diskusi dengan topik “Mengenal Parlemen DPRD Lebih Dekat” yang disampaikan oleh anggota DPRD PROV.KALTIM, Samarinda 18 Mei 2015.


Fakultas Fisipol Jurusan Hubungan Internasional angkatan 2013 mendapatkan kesempatan untuk dapat berkunjung ke Gedung DPRD Kaltim Samarinda. Kedatangan rombongan kami disambut hangat oleh para anggota DPRD Kaltim Samrinda.

Kunjungan kami ke Gedung DPRD Kaltim Samarinda, bertujuan agar kami mengetahui Parlemen dan cara kerja para anggota DPRD tersebut. Gedung tempat rapat kami merupakan salah satu tempat rapat yang digunakan oleh anggota-anggota DPRD jika mereka melakukan rapat-rapat atau sidang tertentu. Tempatnya sangat bagus dan nyaman sekali. Parlemen yang ada di DPRD Kaltim Samarinda, terdapat  fraksi-fraksi yang ditugaskan untuk menjalankan kepentingan-kepentingan yang ada.

            Anggota DPRD :
5 Dapil : 55 0rang
Dapil 1 : Kota Samarinda 13 orang
Dapil 2 : Kaltara 8 orang
Dapil 3 : PPU dan Paser 7 orang
Dapil 4 : Kukar dan Kubar, Mahakam ulu 14 kursi
Dapil 5 : Bontang, Kaltim dan Berau 12 orang

UUD baru dari KALTARA menjadi 10 kabupaten.
UU 27 dan PP mengatur susunan MPR, DPR, dan DPRD.

Anggota DPRD Kaltim Samarinda tidak dibatasi jam kerjanya. Tapi, ketika ada rapat, rapat Paripurna mereka datang ke kantor. Kerja anggota DPRD lebih terfokus diluar lingkungan atau ke daerah dapil masing-masing.

Adapun pesan-pesan yang disampaikan oleh para anggota DPRD Kaltim Samarinda untuk kami mahasiswa-mahasiswa Hubungan Internasional.
1.      MURSIDI MUSLIM ( Kubar, Mahakam Ulu )
·         Nilai IP 3 harus wajib di dapatkan, jika tidak sampai 3 ditingkatkan lagi cara belajarnya.
·         Mahasiswa-mahasiswi harus aktivis dan intelektualis.
·         Religius.
2.      IBU RITA ( Frasi Golkar )
·         Jangan lupa iman, religius.
·         Etika : jadilah pribadi yang baik.
·         Dapat menabung.
·         Budaya : jangan bangga kepada negara lain. Tapi banggalah terhadap negara sendiri.
3.      PAK ADAM ( Frasi Hanura )
·         Menguasi bahasa asing, karena kurangnya berbahasa asing saat ini.
·         Banyaknya yang buta huruf.
·         Mahasiswa tidak mampu mandiri.

Devisa negara. China sudah mampu mengejar AS (5-10tahun). Perekonomian China sudah menguasi hampir seleruh dunia.

15,5 % : Minyak             APBD Kaltim
3%       : Gas

Jumlah penduduk Kaltim : 3.500.000 jiwa

Opini masyarakat kebanyakan yang mengatakan bahwa politik itu kotor. Tapi pada kenyataannya politik di ibaratkan sebagai pisau tinggal siapa saja yang memakainya.

Anggota DPRD Kaltim Samarinda yang hadir dalam pertemuan kami itu, yaitu frasi 2 yang bertugas dalam menangani pendidikan. Bahkan di akhir-akhir pertemuan kami wakil ketua DPRD Kaltim samarinda menyempatkan diri untuk hadir dalam pertemuan kami ini.

Setelah para anggota DPRD Kaltim Samarinda memberikan pesan-pesan mereka. Kemudian kami lanjut ke acara sesi tanya jawab. Antusias dan semangat para teman-teman Hubungan Internasional sangat besar sekali. Keingintahuan kami begitu besar terhadap parlemen-parlemen yang ada di DPRD.

Ada salah satu mahasiswa yang bertanya tentang Beasiswa Kaltim. Jawab salah satu anggota DPRD sangat mengejutkan sekali. IBU RITA yang menjawab soal Beasiswa Kaltim, ia mengatakan khusus buat mahasiswa-mahasiswi Hubungan Internasional cara mendaftarnya tinggal kita menyetor nomor registrasi dan nim kami, kemudian kami setorkan kepada ketua HIMAHI selanjutkan ketua HIMAHI menyetorkan kepada frasi 2 untuk ditindak lanjutin kembali. Itu peluang yang sangat besar bagi kami yang tinggal diKALTIM untuk mengurus beasiswa kaltim tersebut.

Tidak teras waktu berlalu begitu cepat. Sesi tanya jawabpun telah selesai. Selanjutnya acara serah terima kenang-kenangan dari kami untuk para anggota DPRD Kaltim Samarinda. Setelah itu lanjut foto bersama. Setelah foto bersama kami diberi kesempatan untuk dapat berjalan-jalan untuk mengetahui ruangan-ruangan yang ada di gedung DPRD Kaltim Samarinda. Karena waktunya tidak mencukupi dan kami juga berjumlah sangat banyak, jadi kami hanya dapat melihat ruangan wakil ketua DPRD Kaltim Samarinda saja. Setelah masuk ruangan sebentar kemudian kami keluar lanjut pulang kerumah masing-masing. Saya dan teman-teman kebanyakan berfoto bersama diluar ruangan gedung DPRD Kaltim Samarinda.

Manfaat yang saya dapatkan dari kunjungan digedung DPRD Kaltim Samarinda sangat banyak dan berguna sekali buat saya. Akhirnya saya mengetahui apa-apa saja yang ada di gedung DPRD terus fungsi-fungsinya, cara kerjanya bagaimana. Semoga saya dan teman-teman saya dapat berkunjung kembali ke Gedung DPRD Kaltim Samarinda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar