Kamis, 02 Juli 2015

Bayu Purnomo - 1302045131 - Refleksi "Mengenal Parlemen Lebih Dekat


NAMA  :      Bayu Purnomo
NIM     :      1302045131
Hubungan Internasional Reguler B 2013  '




 Refleksi "Mengenal Parlemen Lebih Dekat"


Kepada Anggota DPRD Kalimantan Timur yang Terhormat,

Saya Bayu Purnomo angkatan 2013 Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda, ingin mengkritik tentang masalah pendidikan. Sebagaimana diketahui, alokasi pendidikan sebesar 30 % yang termuat dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional memberikan biaya dari APBN kepada APBD.

 Pendidikan merupakan unsur penting dalam setiap warga negara dan warga negara mempunyai hak dalam menempuh pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, faktanya banyak orang tidak mempunya hak pendidikan yang layak. Di mana beberapa sekolah mempunyai kondisi yang tidak layak. Lantai dari tanah, dinding dari papan, papan tulis seadanya, gedung sekolah dengan kondisi rusak, jumlah guru yang tidak sebanding dengan siswanya, meja dan kursi yang kondisinya rusak dimakan rayap, buku-buku yang kondisinya tidak terawat dengan baik, dan para siswa dengan kondisi baju seragam yang seadanya. Mereka menempuh pergi pulang sekolah dengan berjalan kaki yang dimana letak rumah dengan sekolah lumayan jauh. Mereka hanya berjalan menggunakan sandal bukan sepatu dan kaos kaki. Mereka berjalan menyelusuri hutan dan melintasi sungai dengan arus yang berbahaya. Berbeda dengan sekolah di perkotaan yang mempunyai sarana dan prasarana yang cukup dan memadai. 

Kondisi guru di pedalaman Kaltim jauh memprihatinkan dimana jumlah gaji guru di pedalaman lebih kecil dibandingkan guru di perkotaan. Mayoritas guru di pedalaman berstatus honorer sehingga gaji yang didapatnya tidak mencukupi untu kebutuhan sehari-hari. Saya ingin memohon kepada Bapak dan Ibu Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur ingin memperbaiki kesejahteraan pendidikan di pedalaman sana yaitu dengan memperbaiki gedung sekolah yang kondisinya rusak menjadi lebih baik. Selain itu diangkatnya pegawai guru di pedalaman dari honorer menjadi PNS agar kesejahteraan guru dapat ditingkatkan. 

Saya mau ingin kepada Bapak dan Ibu Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur agar memberikan lebih banyak beasiswa Kaltim Cemerlang kepada mahasiswa yang kurang mampu agar mahasiswa dapat melanjutkan kuliah hingga lulus sarjana. Saya mau menyetil soal biaya SPP perguruan tinggi yang harganya sangat tinggi bagi mahasiswa yang orangtuanya kurang mampu. Saya mau ingin kepada Bapak dan Ibu agar menghapus biaya SPP perguruan tinggi. Tidak hanya SPP perguruan tinggi, namun juga mencakup lingkup pendidikan yang mempunyai biaya masuk sekolah yang sangat tinggi mulai dari TK hingga SMA. Saya agak prihatin dengan adanya praktik pungli dalam dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Saya mau ingin agar para pejabat yang mendapat pungli harus dipecat dari jabatannya. Demikian hasil tulisan saya. Mohon maaf apabila kesalahan tulisan saya dan terima kasih.
Tertanda,


Bayu Purnomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar