Kamis, 07 Januari 2016

Yusra Mufassir - 1302045109 - Tugas ASEAN Way



Yusra Mufassir
1302045109
Hubungan Internasional di Asia Tenggara

Konsensus di ASEAN

ASEAN Way secara singkat adalah bagaimana aktor-aktor di kawasan ASEAN memiliki cara pandang dalam menyikapi masalah-masalah yang terjadi dan akan terjadi. ASEAN Way juga menjadi identitas khas dari kawasan ASEAN sendiri terhadap besarnya pengaruh-pengaruh globalisasi barat yang meluas hingga ke wilayah Asia Tenggara. Dengan hal ini, kesatuan tindakan ataupun respon terhadap suatu masalah oleh aktor-aktor di ASEAN dapat terakomodir menjadi kesatuan suara di kawasan ASEAN sendiri untuk dapat membendung pengaruh dari luar kawasan ASEAN. ASEAN way mendorong semua negara-negara yang tergabung didalamnya untuk bersama-sama mencari cara atas dasar satu kesatuan identitas ASEAN, sehingga semua hasil dari kesepakatan yang dibuat adalah hasil dari semua kepentingan Negara-negara ASEAN.


Masalah-masalah luar yang muncul diantara Negara-negara ASEAN cenderung hanya menjadi masalah antar negara satu dan lainnya, seperti klaim laut Cina Selatan. peran ASEAN sebagai lembaga yang mewadahi kepentingan nasional tiap Negara ASEAN dilihat tidak memiliki peran penting maupun opsional dalam menyelesaikan masalah tersebut. ASEAN sendiri memiliki prinsip consensual decision sebagai prinsip musyawarah dalam menentukan suatu keputusan atau kebijakan.


Prinsip consensual decision dapat memiliki peran yang sangat berpengaruh apabila semua negara anggota mau untuk menyatukan satu pandangan. Di ASEAN sendiri, negara yang memiliki kekuatan militer dan ekonomi  besar cenderung sukar apabila ikut dalam suatu konsensus dalam memutuskan suatu masalah. Penyatuan satu pandangan ASEAN Way saya rasa akan tercapai melalui konsensus, namun hal ini memerlukan waktu yang lama untuk terciptanya satu identitas yang sama.


Bagaimana tercipta konsensus. Stuart Hall memasukan teori mengenai normal dan penyimpangan. Teori penyimpangan menjelaskan yang menjadi perhatian terbentuknya konsensus adalah pluralisme yang menjelaskan definisi deskriminatif dari masyarakat atau partisipasi aktif dari kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar